You are here: Home > > Mencegah Virus dari USB Flashdisk ke dalam Komputer secara Manual

Mencegah Virus dari USB Flashdisk ke dalam Komputer secara Manual


Bayangkan bila anda diminta untuk menyalin file dari USB Flashdisk anda ke dalam komputernya yang terinfeksi virus. Anda tentu merasa khawatir kalau flashdisk tertula virus dari computer yang dipakai. Lalu bagaimana agar flashdisk anda tetap aman dari virus dan permintaan orang itu terpenuhi? Mudah, aktifkan saja Write Protect untuk USB Flashdisk, maka flashdisk anda akan aman dari virus.
1.      Ketik “regedit” pada Start Menu – Search programs and files kemudian tekan Enter.
2.      Arahkan ke alamat KEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control. Klik kanan item Control dan pilih perintah New – Key.
3.      Ubah nama key yang baru kita buat tadi menjadi “StorageDevicePolicies”.
4.      Pada panel sebelah kanan, klik kanan area kosong dan pilih perintah New – DWORD (32-bit) Value.
5.      Ubah nama item yang baru kita buat menjadi “WriteProtector”.
6.      Klik ganda item WriteProtector yang baru kita buat tadi. Setelah kotak dialog edit string muncul, pada isian Value Data isikan angka “1”. Kemudian klik tombol OK dan tutup Registry editor.
7.      Sekarang, waktunya menguji tweaking kita tadi. Coba anda copy sebuah file ke dalam USB flashdisk. Jika muncul kotak dialog peringatan yang mengkonfirmasi bahwa perintah gagal dilakukan, anda berhasil. Computer tidak akan bisa menulis data ke dalam flashdisk anda, termasuk Virus.


CATATAN :
Bila anda mengaktifkan cara ini, anda tidak akan bisa menghapus data/folder atau menformat USB Flashdisk . untuk melakukannya, cukup ganti nilai Value Data tadi menjadi “0”. Setelah anda menghapus atau memformat USB flashdisk, bisa anda aktifkan lagi dengan cara mengubah Value Datanya menjadi “1”.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to “Mencegah Virus dari USB Flashdisk ke dalam Komputer secara Manual”:

  1. Computer Room Monitoring says:

    Thank you! I always wanted to edit articles something like that. Can I take part of your post to my personal blog? I will be coming back in a bit, thanks for the great article.

Leave a comment

Blog ini Do Follow .. saudara kembar dari http://horier.blogspot.com/

publisher: 7 templates